SESI 2 - PHP Beginner : Sejarah dan Karakteristik

September 25, 2018 by

Awalnya dibuat oleh Rasmus Lerdorf 1994, sebenarnya untuk mengelola program dalam bahasa C untuk mengelola halaman web pribadinya/ Personal Home Page. Kemudian dia membuat web form untuk terhubung dalam database sehingga pertama dibuat dengan nama 
+) PHP/FI, 1994 (Personal Home Page/Form Interpreter), diminati oleh orang-orang lain dan dibuat dalam bentuk open source
+) Terbentuk PHP Tools v.1, 1995, dikembangkan oleh orang lain sehingga;
+) PHP Tools v.2, 1997
+) PHP 3, 1998, Zeev Suraski dan Andi Gutmans. Membuat company dengan nama Zend(Zeev & Andi) Tech. 2 Orang ini yang berjasa membuat parser di dalam PHP. Parser ini adalah sebuah program untuk membaca syntax PHP, supaya PHP mengetahui kodingan yang kita tulis. Namanya ganti jadi PHP: Hypertext PreProcessor.
+) PHP 4, 2000, Sudah ada Zend Engine (nama Interpreter)
+) PHP 5, 2004, Zend Engine 2, Update yang besar dan sudah ada OOP (Object Oriented Programming), Bisa melakukan Abstraksi, membuat kelas inheritance, PHP Data Object (PDO) sudah ada => mesin di PHP yang bisa mengelola beragam database, sehingga tidak perlu mengubah semua sintax untuk akses database query karena sudah ada sistem PDO hanya merubah nama database yang diakses.
+) PHP 4 diberhentikan, 2008, ada gerakan GoPHP 5, Semua server disarankan berpindah dari PHP4 ke PHP 5 
+) PHP 6 => ditunda, akhirnya dibatalkan karena masalah UNICODE (penulisan dalam berbagai macam bahasa) fokus di PHP 5.4 , 2010 untuk update fungsionalitas PHPnya bukan Unicode.
+) PHP 7, 2014 => Masih dikembangkan, Zend Engine 3, perform lebih cepat, lebih secure, lebih bagus,dsb.

PHP punya icon yang dibuat oleh Vincent Pontier yaitu ElePHPant.

Karakteristik PHP:
1. Ekstensi file.php => isi bisa HTML + PHP
2. Ditulis di dalam tag PHP
↳ pembatas (delimiter)
↳ diawali dengan <?php
↳ diakhiri dengan ?>
3. Bisa digunakan bersamaan dengan HTML, kita bisa menulis PHP di dalam HTML, dan sebaliknya menulis HTML di dalam PHP
4. Mengikuti kaidah bahasa C => sintaks PHP mengikuti kaidah-kaidah seperti bahasa C, huruf besa dan kecil berpengaruh, case-sensitive, diakhiri dengan tanda ; tiap satu perintahnya.

0 comments:

Post a Comment